Rabu, 16 Maret 2011

Contoh BAB 1 untuk PI


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.      Latar Belakang
Perkembangan akan informasi sangat pesat terjadi, hingga setiap harinya orang dituntut  selalu mengimbangi laju teknologi tersebut. Latar belakang akan kebutuhan informasi bisa berbagai macam, mulai dari sekedar hiburan, pendidikan, hingga kepentingan bisnis. Internet merupakan sumber informasi yang penting dan krusial bagi masyarakat di seluruh dunia, berbagai fungsi komunikasi dan penyebaran informasi dapat dilakukan dengan efektif dan efisien melalui internet.   

Suatu bentuk informasi yang mudah untuk disajikan di internet yaitu dalam bentuk Halaman Web atau Web site, yang merupakan gabungan dari teks, gambar dan animasi dari keduanya. Dengan demikian, penyajian suatu informasi dapat lebih menarik dan mudah diserap.
Sejalan dengan itu kebutuhan informasi mengenai kegiatan-kegiatan dan acara-acara dalam suatu komunitas kerohanian khususnya komunitas mahasiswa Katolik yang berada di daerah Jakarta Selatan dan diwadahi sebuah wisma oleh Keuskupan Agung Jakarta juga Keuskupan Bogor untuk melayani para mahasiswa Katolik di Jakarta Selatan, baik sebagai base camp, sebagai tempat pelatihan, atau kelas belajar. Oleh karena itu, perlu dibentuk sebuah media informasi dan media pembelajaran yang dibuat dengan sistem komputer yang berbasiskan web(online).

Dengan adanya media informasi dan media pembelajaran yang berbasiskan web(online) ini diharapkan mahasiswa Katolik mendapatkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan dan acara-acara yang akan dilaksanakan, juga materi pembelajaran tentang kerohaniaan.
Untuk mengatasi masalah diatas, maka dirasakan perlu dibuat Penulisan Ilmiah tentang media informasi online, dengan judul “WEBSITE KOMINUTAS ROHANI WISMA SY DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL”.
Pada penulisan ilmiah ini digunakan program php dan mysql karena PHP mendukung cross-platform (kompatible dengan Linux dan banyak sistem Unix / BSD lainnya dan bekerja sangat baik seperti halnya di windows),  PHP cepat dan stabil, lebih baik atau lebih cepat dari Cold Fusion dan Asp, serta dengan kebutuhan yang jauh lebih kecil dalam hal pemakaian memori dan kebutuhan server.
Sedangkan MySQL merupakan server database yang kecil dan mudah digunakan namun memiliki kehandalan dan performa yang tinggi, MySQL merupakan database yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. Penggunaan MySQL biasanya dipadukan dengan program PHP, karena dengan menggunakan kedua program ini telah terbukti akan kehandalannya dalam menangani pengolahan data, MySQL mampu mendukung Relational Database Manajemen System (RDMS), sehingga dengan kemampuan ini MySQL akan mampu menangani data-data sebuah perusahaan yang berukuran sangat besar hingga berukuran Giga Byte.

1.2.      Batasan Masalah
            Dalam Penulisan Ilmiah ini, hanya membatasi masalah tentang pemberian informasi dan materi pembelajaran secara online dengan menggunakan program scripting PHP dan database Mysql serta web server Apache.

1.3.      Tujuan Penulisan
            Adapun tujuan dari Penulisan Ilmiah ini adalah untuk membuat website Wisma SY berbasis web.Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa Katolik di Jakarta Selatan mendapatkan Informasi dan materi secara lengkap mengenai kegiatan juga acara-acara kerohanian.

1.4.            Metode Penelitian
            Dalam penulisan ini penulis menggunakan dua cara, yaitu :
1.      Studi Pustaka
Untuk kegiatan pertama penulis melakukan pendekatan dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan materi penulisan yaitu PHP serta penulis melakukan perbandingan dengan mendatangi situs-situs yang berhubungan dengan penulisan. Hal ini penulis lakukan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sehingga dapat dipergunakan untuk mendukung penulisan.
2.      Studi lapangan
Penulis juga melakukan pengamatan bagaimana pengolahan informasi dan metode pembelajaran sebelumnya juga mengumpulkan informasi tentang kegiatan-kegiatan dan acara-acara pada Wisma SY yang penulis amati selama penulisan ini dilakukan untuk dijadikan masukkan bagi penulis.
Tahapan-tahapan penulisannya meliputi tahapan seperti di atas, kemudian penulis membuat databasenya dengan bantuan MySQL Front, tahapan selanjutnya penulis membuat programnya dengan menggunakan PHP. Dengan studi gabungan tersebut penulis dapat membangun website Wisma SY ini.

1.5.      Sistematika Penulisan
            Dalam Penulisan Ilmiah ini terbagi menjadi 4 bab yaitu :

BAB I       PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dibahas  mengenai latar belakang, batasan masalah, tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

      BAB II      LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang digunakan dan hal-hal yang mendukung Penulisan Ilmiah ini.

BAB III    PEMBAHASAN MASALAH
Bab ini dijelaskan mengenai pembuatan aplikasi web yang berisi penerapan atau implementasi dari teori pada bab sebelumnya dalam bentuk web berbasis PHP.

      BAB IV    PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab - bab sebelumnya dan saran – saran yang sifatnya mengarah kepada penyempurnaan dari apa yang telah disajikan dalam tulisan ini.

2 komentar: