Sabtu, 29 Oktober 2011

Bisnis TI


Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).  Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan  kemampuan serta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan harga yang relatif  semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Di jaman yang semakin modern ini, perkembangan teknologi informasi dapat digunakan untuk mendukung keperluan bisnis. Secara garis besar jenis bisnis di bidang Teknologi dan Informasi dikategorikan sebagai berikut:


Jenis Bisnis TIK

1.  Produk
Hardware
Software

2. Servis
· Infrastruktur telekomunikasi
· Aplikasi
· Servis berbasis elektronika E-commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory , e-government, e- entertainment, e-library, e-journal, e-biodiversitiy
Berikut ini adalah tipe bisnis it didalamya membahas siapa yang membuat keputusan-keputusan di bidang IT:



1.       Business Monarchy
Merupakan suatu keputusan dimana didalamnya CIO tidak mengetahui atau kurang wawasannya mengenai bidang TI sehingga dalam membuat keputusan kurang tepat. Sebaiknya business monarchy di terapkan di bidang yang kurang teknis yaitu principles, investment/prioritization dan business application.
2.       IT monarchy
Keputusan yang diambil kurang memperhitungkan strategi bisnis. Namun tipe ini bersifat kreatif karena dapat mengimplementasikan sebuah ide baru TI , dalam membantu pelaksananan bisnis. Sebaiknya pada tipe IT monarchy di terapkan di bidang-bidang yang lebih teknis seperti arsitektur, infrastruktur dan aplikasi.
3.       Feudal
Keputusan yang dibuat berfokus pada local needs. Dimana para pemilik unit bisnis dan kepala cabang menjadi semacam raja kecil yang mementingkan kesejah teraan unit atau cabangnya sendiri.
4.       Federal
Tipe ini mirip dengan tipe business monarch hanya saja tipe federal lebih mementingkan kepentingan local/cabang.
5.       IT duopoly
Tipe ini memiliki beberapa kelebihan yaitu, TI pusat dan bisnis pusat dapat membuat suatu policy yang enterprise wide, untuk diimplementasikan dengan lebih teknis di unit/cabang sesuai dengan kebutuhan TI di unit/cabang.  IT duopoly, memiliki dua sub tipe yaitu radial dan T.
6.       Anarchy
Pada tipe ini pengambil keputusan adalah perorangan, di tiap level, dapat membuat keputusan  tanpa berkonsultasi dengan divisi TI, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tipe ini mirip dengan feudal, hanya saja lebih sulit dikelola dan dikontrol karena jumlah perorangan yang lebih banyak daripada jumlah unit/cabang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar