Senin, 10 Agustus 2015

Mahasiswi Kreatif Asal Surabaya Ciptakan Ojek Syar’i

Seorang mahasiswi kreatif asal Surabaya, Evilita Adriani membuat satu inovasi baru yaitu Ojek Syar’i. Ojek merupakan solusi yang banyak digunakan untuk menerjang kemacetan, karena mampu memakan waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan angkutan umum.
Biarpun menjadi andalan masyarakat, ojek ternyata masih rentan terlebih kepada pengguna wanita. Indonesia sebagian besar memiliki penduduk beragama Islam dan memegang teguh terhadap ajaran agama. Diantaranya, wanita tidak boleh berpergian bersama lelaki yang bukan saudara kandung atau suaminya.
Melihat kegelisahan yang dialami banyak muslimah dalam menggunakan jasa ojek menjadi peluang bagi Evilita Adriani, mahasiswi kreatif yang berusia 19 tahun dalam menciptakan Ojek Syar’i.
Dimulai pada pertengahan Februari lalu, ketia dia freelance kurir dan ojek. Ia melihat kenyataan dilapangan bahwa banyak sekali perempuan yang sulit untuk keluar bila tidak ditemani olehmahrommnya.
Evilita heran mengapa hingga saat ini masih belum ada solusi terhadap masalah tersebut, dengan memberikan kenyamanan kepada muslimah untuk menggunakan transportasi. Dengan maraknya pelecehan seksual di transportasi umum, Evilita ingin menjadi pelopor dalam membuat transportasi khusus wanita.
Wanita harus diperlakukan khusus, maka muncullah ide pembuatan ojek ini dan dibantu rekannya, Reza Zamir dalam pembuatan konsep sehingga pada tanggal 10 Maret 2015, Ojek Syar’i resmi beroprasi.
Ojek ini khusus digunakan oleh penumpang wanita, namun berbeda dengan ojek konvensional lainya ojek ini menggunakan teknologi dan internet dalam menghubungkan pengemudi kepada penumpang.
Evalita mengatakan bahwa hingga saat ini, pemesanan ojek dilakukan melalui media sosial Twitter, BBM, WhatsApp, dan Line. Dan mengaku dalam sehari bisa mendapatkan orderan hingga 30.
Mahasisi kreatif asal Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya ini mengatakan bahwa nanti akan ada aplikasi untuk smartphone dan akan siap dalam waktu dekat. Hingga sekarang sudah dalam tahap pembuatan aplikasi dan minggu ini akan di ujicoba.
Ojek Syar’i saat ini sudah ada di Surabaya, Sidoarjo, Malang dan segera akan menyusul ke Jakarta.
Sumber : akuomk.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar